26 June 2020

Jadi Blogger Itu Tidak Membuatmu Cepat Dapat Uang!

Saya suka kalau ada teman atau orang lain yang tertarik untuk belajar ngeblog. Tapi yang membuat saya kurang nyaman kalau alasannya pengen ngeblog adalah ingin mendapatkan uang. Apalagi kalau sebelumnya pernah melihat screenshot penghasilan-penghasilan para blogger yang sudah sukses. Sehingga itu yang membuatnya tergiur untuk ikutan bikin blog.

Apakah ini salah? Tidak. Tapi bagi saya ini kurang pas. Karena Jadi Blogger itu Tidak Membuatmu Cepat Dapat Uang.

Jadi Blogger


Ya, mungkin kamu akan tergiur dengan blogger-blogger yang suka pamer penghasilannya, jutaan hingga puluhan juta per bulan. Tetapi percayalah mereka itu sudah mempelajarinya sejak lama. Bukan dalam hitungan bulan tapi tahun.

Misalnya saya saja, kalau ada lihat saya kerja jadi blogger saat ini pasti dipikirannya wah enak ya. Kerja bisa kapan saja, dimana saja, penghasilan terus ada meskipun sehari nggak kerja, dll.

Tetapi mereka tidak tahu kalau sebenarnya saya kenal dengan blog sudah sejak 10 tahun yang lalu. Dan dulu pun saja kenal dan belajar blog bukan karena mengejar uang, tetapi memang suka menuangkan keresahan dalam tulisan. Dari situ saya mulai belajar tentang teknis blog, tentang bagaimana cara mengoptimasi blog, dll. Akhirnya lambat laun itu semua jadi hobi, dan kini jadi profesi.

Perjalanan panjang inilah yang tidak bisa dilakukan sama semua orang yang memang ingin belajar blog apalagi jika ingin memiliki penghasilan dari blog.

Saya itu benar-benar fokus ngeblog untuk dijadikan profesi baru sekitar awal 2016. Dan itupun tidak langsung mendapatkan penghasilan, saya harus nunggu berbulan-bulan, bahkan tahun. Itupun saya sebelumnya sudah punya basic blog sejak beberapa tahun sebelumnya. Lantas bagaimana yang basic ngeblog saja belum punya, apalagi minat menulis saja tidak ada, tetapi ingin cepat kaya, cepat punya banyak penghasilan dari blog?

Mungkin sementara harus nyari bantal guling buat NGIMPI dulu, hehehe.

Menjadi blogger itu bukan soal skill dan minat saja. Tetapi bagi saya yang lebih penting adalah ketekunan dan konsistensi di bidang ini. Sebenarnya bukan hanya jadi blogger saja, apapun itu khususnya pekerjaan yang berkaitan dengan internet.

Tanpa ketekunan dan konsistensi di dunia blog, saya jamin kamu tidak akan pernah mendapatkan penghasilan dari blog. Yang ada malah merasa capek, stress, dan cepat putus asa.

Contoh yang banyak ditemui itu gini, misalnya ada Si A, saat dia membuka media sosial, kemudian ada orang yang share penghasilannya jadi blogger. Hasilnya gede, akhirnya tertarik dan pengen ikutan jadi blogger. Akhirnya dia join grup-grup blogger, tanya-tanya orang yang sudah pengalaman soal blog bagaimana caranya, dll.

Akhirnya dia coba implementasikan cara yang sudah diperoleh dari para senior. Tetapi seiring berjalannya waktu, hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Boro-boro bisa dapat penghasilan, blognya dapat visitor 100 orang per hari saja belum bisa.

Mulai lah kurang semangat, terus tiba-tiba dia lihat ada orang share penghasilan dari YouTube. Ternyata hasilnya lebih gede dari ngeblog. Tanpa babibu, dia pun banting stir buat Nge-YouTube. Mulai bikin video yang menurutnya dicari banyak orang, dll. Setelah berjalan beberapa waktu, kok YouTubenya tidak berkembang, ternyata sulit cari viewers dan subscribers.

Eh pas buka sosmed, malah lihat lagi ada orang yang share penghasilannya dari Fiveer. Orang tersebut jualan desain, ternyata hasilnya banyak juga. Ternyata Si A ini juga suka desain, eh coba ikutan siapa tahu untung. Lhah ternyata sulit juga jualan desain.

---

Kasus seperti itu banyak banget terjadi. Orang yang seperti itu adalah orang yang tidak bisa tekun dan konsisten dengan apa yang sudah dipilihnya. Dan seperti itulah kalau tujuan utamanya adalah uang. Ketika uang menjadi tujuan utama, ending-nya malah capek dan bingung. Malah mudah ganti haluan dan tergiur sama hal lain. Ya sebenarnya sah-sah saja kalau mau merambah ke bidang lain, misal dari blog ke Youtube. Asal pilihan yang pertama itu ya ditekuni dulu biar sampai sukses bisa berjalan dulu, kalau sudah, ya bisa ngembangin ke yang lain.

Lha kalau pilihan pertama saja baru beberapa bulan terus diganti sama yang lain, jangan harap pilihan baru itu nanti bisa sukses.

Saran buat yang ingin mencari penghasilan dari internet

Kalau memang memiliki keinginan dan niat untuk mencari penghasilan dari internet, entah itu buat sampingan atau untuk penghasilan utama, saran saya adalah pilih platform/bidang yg kamu rasa bisa menguasai dan memiliki semangat untuk mempelajarinya.

Misalnya saja kamu suka menulis, terus kamu memiliki blog, ya sudah pilih itu dan pelajarilah segala sesuatunya yang berkaitan dengan ekosistem sebuah blog.

Kalau udah yakin itu pilihanmu, baru kemudian tekuni dan konsistenlah dengan pilihan itu. Karena menurut saya ini adalah kuncinya. Tanpa ketekunan dan konsistensi, mimpimu nggak akan bakal terwujud.

Dan yang terakhir menurut saya adalah harus mau terus belajar hal baru.

Ketika kamu berkecimpung di bidang ini (internet) kamu tidak bisa hanya berpatokan pada satu cara yang sudah kamu dapatkan di awal kamu belajar. Karena bidang ini sangat dinamis mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Setiap waktunya ada ilmu baru yang harus kamu pelajari agar kamu juga bisa beradaptasi dalam mengelola platform mu itu.

Jadi kalau kamu orangnya malas belajar, malas tahu hal-hal baru, sepertinya urungkan saja daripada nanti buang-buang waktu dan biaya.

Oh ya, satu hal lagi. Nggak perlu fokus pada apa yang sudah didapatkan orang lain. Misalnya ada orang yang ternyata sudah punya penghasilan besar dari bidang yang sama, sedangkan kamu belum, tidak perlu diresahkan. Disyukuri saja dan ucapkan alhamdulillah.

Karena kita tidak pernah tahu seberasa besar dan berat perjuangan mereka mendapatkan itu semua. Yang penting adalah kita fokus dengan pekerjaan dan pilihan kita sendiri. Upgrade ilmu dan terus semangat untuk mendapatkan yang terbaik.


Matur suwun,
Virmansyah


0 comments:

Post a Comment

Follow This Blog!