11 November 2019

Mengenal Profesi "Blogger" (Web Publisher)

Bicara soal profesi pekerjaan, sekarang ini ada banyak profesi pekerjaan baru yang mungkin masih tabu di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah profesi Blogger. Dimana saya adalah salah satunya yang berprofesi seperti itu.

Dan rasanya saya perlu membuat tulisan ini untuk menjawab beberapa pertanyaan orang-orang terkait pekerjaan saya tersebut dan sekadar sharing tentang profesi yang satu ini. Karena faktanya memang masih banyak yang belum tahu. Kalaupun ada yang tahu, pasti akan beranggapan profesi kok jadi blogger. Mbok ya jadi PNS, Pegawai di perusahaan bonafit, profesi yang bergengsi, dan lain-lain.

Biasanya, ketika ada yang tanya pekerjaan saya apa, akan saya jawab "Online, nulis-nulis". Lucunya, orang tersebut akan bertanya "Jualan apa?" :) Ya, sering ditemui seperti itu. Dikira 'Kerja online' itu pasti jualan online. Padahal tidak. Nah, daripada banyak yang bingung mending saya jelaskan di sini. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda dan semoga bisa menambah wawasan Anda tentang profesi pekerjaan di era zaman sekarang ini.

Profesi Blogger

Apa itu Blogger?

Di sini saya akan menjelaskan dengan bahasa yang sederhana saja. Jadi pada awalnya Blogger itu adalah orang yang memiliki blog dan aktif mengelolanya. Apa itu Blog? Blog adalah media online yang berisi tulisan-tulisan tentang segala hal yang ditulis secara bebas oleh pemiliknya (Blogger).

Contoh blog ya seperti ini, yang sedang Anda baca ini. Ini adalah blog personal namanya.

Dulu blog hanya digunakan untuk tempat curhat saja. Tetapi seiring berkembangkan informasi, blog menjadi salah satu media online yang sangat berpengaruh karena para blogger bisa memberikan informasi-informasi berbagai hal yang orang butuhkan.

Saya yakin Anda juga sudah sering membuka blog, tapi tidak sadar kalau itu namanya blog. Misalnya saja ketika ingin mencari informasi sesuatu di Google, katakanlah ingin mencari "cara menaman bunga anggrek", kemudian di Google ada banyak hasil pencariannya, Anda terus membuka salah satu website di Google yang ternyata itu blog. Nah seperti itu.

Jadi di sini peran Blogger sangat besar untuk memberikan informasi kepada banyak orang.

Inilah salah satu peluang yang saya lihat beberapa tahun yang lalu tepatnya waktu masih kuliah. Beruntung saya kuliah di jurusan IT, dimana saya selalu dituntut untuk berpikir ke depan, melihat peluang khusus bidang IT, dan mencoba untuk menjadi pembuat bukan pengguna saja.

Karena saya sudah suka menulis di blog sejak SMA, akhirnya waktu itu saya memutuskan untuk menekuni mengelola blog ini. Tapi waktu kuliah dulu belum kepikiran untuk dijadikan profesi.

Semoga paham dengan penjelasan di atas. Mudahnya yang saya kerja adalah menulis suatu informasi dan informasi di blog saya tersebut dibaca oleh orang yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Mengapa Memilih Menjadi Blogger?

Mungkin banyak yang tanya juga mengapa kok milih jadi Blogger, kok nggak mau jadi PNS saja gajinya tetap per bulan, atau profesi-profesi yang umum di masyarakat.

Owh ya, profesi saya ini bisa dikerjakan dimana-mana. Kantor saya bisa dimana saja, asal ada koneksi internet. :) Jadi ya agak bingung juga jawabnya kalau ditanya "Kerja dimana sekarang?" Mungkin kalau lagi iseng, tak jawab "Kerja di Google". Tapi bener juga sih, soalnya saya juga berpartner sama Google.

Jadi mengapa saya memilih menjadi Blogger adalah karena saya suka dengan bidang ini. Saya suka menulis di blog sejak SMA. Dulu hanya iseng, akhirnya jadi hobi. Dan ketika kuliah seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa saya harus bisa melihat peluang di masa depan.

Waktu itu pun saya yakin bahwa 5-10 tahun lagi, dan yang mana itu adalah tahun-tahun sekarang ini, dunia teknologi informasi akan berkembang pesat tidak hanya ke kalangan masyarakat atas, tetapi sudah menyebar ke kalangan bawah. Dan coba lihat sekarang, semua sudah pegang ponsel pintar, bisa mengakses internet setiap hari. Bahkan sehari tanpa mengakses internet rasanya ada yang kurang.

Apa yang saya bayangkan di beberapa tahun yang lalu akhirnya sekarang terjadi. Dan ini yang semakin membuat saya yakin bahwa pilihan saya tidak salah.

Saya bukan tipe orang yang mementingkan gengsi. Bagi saya dalam memilih pekerjaan itu yang penting saya suka dan nyaman melakukannya. Saya mending punya penghasilan sedikit tetapi saya suka pekerjaan itu, daripada saya punya penghasilan besar tetapi tiap hari saya mengeluhi pekerjaan itu.

Mencari uang itu mudah, tetapi mencari kenyamanan itu sulit.

Jadi kesimpulannya saya memilih menjadi Blogger, yang pertama karena saya suka menulis, yang kedua saya melihat peluang (baik peluang potensi pasar maupun peluang dari sisi ekonomi), dan yang ketiga adalah kenikmatan berbagi informasi agar bisa dibaca oleh orang lain.

Darimana Penghasilan Blogger?

Nah pas waktu masih kuliah dulu, saya terus menekuni aktivitas nge-blog saya. Tapi itu masih atas dasar hobi belum kepikiran untuk dijadikan profesi. Meskipun waktu itu sudah tahu bagaimana cara pendapatkan penghasilan dari blog dan memang waktu itu sudah mulai bisa mendapatkan penghasilan dari blog, tetapi saya belum memantapkan diri untuk 100% jadi Blogger.

Saya rasa akan banyak yang bertanya dan mungkin ini pertanyaan pentingnya, Darimana Blogger Mendapatkan Penghasilan?

Penghasilan Blogger didapatkan dari Iklan.

Dalam dunia periklanan, ada 3 elemen :
  1. Advertiser (Pengiklan)
  2. Perusahaan Iklan
  3. Publisher (Penayang Iklan).
Sistem kerjanya seperti ini.

Iklan
Blogger masuk dalam kategori Publisher (Penayang Iklan). Nantinya Blogger bergabung di Perusahaan Iklan agar bisa menayangkan iklan di blognya. Kalau sudah terdaftar, Blogger tinggal memasang slot-slot (tempat) iklan di area blognya. Nah, di slot-slot itu nanti akan muncul iklan yang bergonta-ganti dan itu sudah diatur oleh perusahaan Iklan.

Nantinya Blogger akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang.

Nah nilai penghasilannya ini biasanya menggunakan sistem CPC (Cost Per Click) ada juga yang pakai sistem CPM (Cost Per Mile). Apa itu?

CPC (Cost Per Click), jadi blogger akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang mana iklan tersebut di klik oleh pembaca.

CPM (Cost Per Mile), jadi blogger akan mendapatkan penghasilan dari iklan dihitung per seribu tayang. Dari tidak pengaruh jumlah kliknya.

Kalau saya sendiri saat ini bekerja sama dengan perusahaan iklan yang menggunakan sistem CPM.

Itu sistem yang umum dipake blogger ya, ada juga yang menggunakan sistem afiliasi dll. Tapi tidak akan saya jelaskan sekarang.

Selain itu penghasilan blogger selain dari iklan seperti itu juga bisa didapatkan dari iklan direct dari pengiklan langsung. Misalnya saja saya sering mendapatkan kerjasama Sponsored Post namanya. Jadi misalnya brand A ingin beriklan di blog saya dalam bentuk tulisan, bukan slot-slot banner. Nah dari tulisan itu nanti dihargai sekian Rupiah atau Dollar jika Brand jadi luar. Yang seperti ini juga lumayan untuk tambahan penghasilan blogger.

Seperti itu bosku blogger bisa mendapatkan penghasilan. Semoga paham ya.

Berapa Penghasilan jadi Blogger?

Waduh bos, ini urusan dapur, nggak etis kalau diumbar dan saya juga tidak suka mengumbar penghasilan saya ke orang lain.

Tapi saya jelaskan seperti ini saja, penghasilan blogger itu tak terbatas. Ya, tak terbatas, tak tergantung UMK, tapi tergantung dollar. Ya karena penghasilan blog saya dalam Dollar.

Mengapa saya katakan tak terbatas?

Karena semakin banyak pengunjung blog, maka akan semakin besar penghasilannya. Begitu juga sebaliknya. Jadi sebenarnya penghasilan blogger itu bergantung pada banyak sedikitnya pengunjung blog. Inilah yang juga menjadi pekerjaan saya sehari-hari selain menulis juga harus mengelola blog itu sendiri agar bisa memiliki pengunjung yang terus naik.

Saya pernah berada di masa mendapatkan penghasilan Rp 1 juta saja harus menunggu hingga 3 bulan. Ya, itu karena pengunjung blog masih sedikit. Tetapi alhamdulillah sekarang pengunjung blog sudah banyak.

Jadi seperti itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan soal profesi Blogger. Kalau masih bingung, ya udah nggak usah dibuat bingung. :D

Inilah pekerjaan pilihan saya, yang masih tabu di masyarakat. Tapi saya enjoy dan sangat bersyukur. Tidak salah saya memutuskan resign dari kantor beberapa tahun yang lalu kemudian memilih profesi ini.

Ada yang mau jadi Blogger?


Matur suwun,
Virmansyah


2 comments:

Follow This Blog!