27 September 2018

Mewujudkan Blogger Charity

Beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 2013, saya sempat ingin membuat sebuah program sederhana yang melibatkan blogger-blogger di Indonesia, dulu dikasih nama IdBloggerCare. Program itu berbasis charity, dimana nanti mengajak blogger-blogger untuk berpartisipasi dengan membuat blog yang dikelola bersama.

Blogger Charity

Akan tetapi blog tersebut tidak hanya sekadar untuk berbagi informasi saja, tetapi juga di-monetize supaya ada hasilnya. Hasil dari blog ini pun tidak akan digunakan oleh blogger-blogger yang ada di dalamnya, tetapi digunakan untuk kegiatan amal.

Sayangnya, keinginan itu sempat tertunda karena memang belum adanya SDM yang bisa benar-benar diajak untuk membangun bersama.

Agak susah memang menggerakan orang jika tidak ada hasilnya untuk diri sendiri.

Keinginan itu terus terpendam di dalam diri saya. Ingin rasanya mewujudkan kembali, tetapi kadang saya tidak PD. Saya itu siapa? Apa ada yang mau gabung? Nanti kalau tidak jalan gimana?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang membuat saya akhirnya tidak bergegas untuk mewujudkannya. Apalagi ini gerakan sukarela, yang kadang bersemangat gabung hanya di awal, tapi setelah berjalan beberapa waktu, hanya kepasifan. Pikiran-pikiran seperti ini juga yang kadang membuat saya enggan menghidupkan kembali.

Tapi di bulan September 2018 ini akhirnya semangat untuk mewujudkan ini kembali muncul. Kali ini saya lebih terbuka, tidak lagi memikirkan pertanyaan-pertanyaan konyol yang malah menghambat mimpi saya.

Apalagi saat buka YouTube ada video seorang YouTuber yang menghapus channel YouTube nya kemudian 'dihibahkan' ke sebuah yayasan kemanusiaan.

Saya pun semakin terpicu untuk membuat hal sama melalui media yang saya suka, blog.

Akhirnya program yang dulu sempat ada, saya munculkan kembali dengan konsep yang sama. Mengajak blogger-blogger Indonesia untuk membuat blog, yang dimonetize, dan dikelola bersama. Hasilnya 100% akan digunakan untuk charity.

Kali ini saya tidak akan memikirkan tentang diri saya, tidak akan memikirkan nanti siapa saja yang mau bergabung, nanti ke depannya bagaimana, dll. Yang ada dibenak saya hanya ingin mewujudkan ini dengan segala keterbatasan yang saya miliki.

Dan saya yakin bahwa ini adalah kegiatan positif, dan pasti akan banyak orang-orang baik di luar sana yang juga akan mendukung.

Di hari Selasa, 25 September 2018 malam,  akhirnya saya coba share kembali ide program ini ke media sosial. Saya tidak akan terlalu berharap banyak atau tidak yang ingin bergabung, fokus saya hanya mengajak.

Dan akhirnya melalui form pendaftaran, ada beberapa yang sudah bergabung. Ketika tulisan ini diterbitkan, sudah ada 16 blogger. Saya sangat berterima kasih dan apresiasi untuk kalian semua.

Berapapun yang ikut bergabung akan saya syukuri. Yang penting program ini dimudahkan dan dilancarkan kedepannya.

Kemarin malam pun saya coba kirim penawaran kerja sama ke beberapa provider hosting di Indonesia, dan alhamdulillah ada satu provider yang cepat merespon dan menyanggupi kerja sama untuk menjadi sponsor program ini. Yakni CloudKilat yang bersedia memberikan sponsorship berupa VPS Kilat VM 2.0 dan Domain selama 1 tahun.

Terima kasih untuk Mas Bachtiar, Mbak Retta dan seluruh tim CloudKilat.

Saat ini program tengah kami bahas bersama blogger-blogger yang sudah bergabung. Semoga program ini bisa segera mengudara dan semakin banyak yang ingin berpartisipasi di dalamnya.

Tentunya saya terus ingin mengajak kepada teman-teman blogger di Indonesia atau maupun yang lagi di luar negeri, jika tertarik untuk bergabung, silakan langsung daftarkan diri kamu di sini http://bit.ly/bloggercharity

Saat ini memang yang paling dibutuhkan adalah Tim Content. Karena saya menyadari tidak mungkin tiap blogger akan bisa menulis setiap hari. Dengan banyaknya blogger yang bergabung, tentu akan semakin ringan dalam hal distribusi konten artikel.

Tapi jika teman-teman ada yang jago SEO, marketing buat bantu nyari klien, dll bisa join juga.

Terakhirnya, adanya program ini semata-mata bukan hanya ditujukan untuk charity saja, tetapi juga untuk menambah konten positif di internet. Dan yang tak boleh dikesampingkan juga adalah agar semakin mempererat hubungan antar blogger.

Kita tahu sekarang ini komunitas-komunitas blogger sudah semakin punah. Semoga dengan adanya ini nanti bisa membuat semangat komunitas-komunitas blogger khususnya per daerah bisa tumbuh kembali.

Sebelumnya terima kasih kepada yang sudah berkenan bergabung. Semoga ini menjadi amal kebaikan untuk kita semua.

Matur suwun,
Virmansyah


2 comments:

  1. Ide dan tujuan yang sangat luar biasa mas
    Semoga sukses dan diberi kelancaran

    Maaf mas untuk persyartan gabung apa saja yaa, saya tertarik walaupun saya bukan blogger profesional

    Dan salam kenal mas Virmansyah saya dari Pacitan Jawa Timur

    ReplyDelete

Follow This Blog!