24 September 2017

Dolan ke Tjokro Hotel Klaten Bersama Blogger Klaten - Solo - Jogja

Sabtu (23/9) kemarin saya berkesempatan mendatangi sebuah acara yang sebenarnya sudah lama saya tak mengikuti acara-acara semacam ini. Yaitu acara gathering blogger yang diselenggarakan oleh pihak lain.

Salah satu alasan saya lama yang mendatangi acara-acara seperti ini adalah masalah waktu yang tidak sesuai lagi. Apalagi lokasinya kalau tidak di Jogja ya di Solo.

Nah beberapa hari yang lalu itu saya mendapatkan informasi kalau salah satu hotel di Klaten, sebut saja Tjokro Hotel Klaten, mengundang 10 blogger untuk bergabung di acara Gathering Blogger with SAS Hospitality pada hari Sabtu 23 September 2017.

Informasi tersebut saya dapatkan dari Mak Indah, Emak-emak Blogger dari Jogja. Beliau menandai saya di status Facebook-nya. Melihat info itu, saya langsung coba share ke teman-teman blogger Klaten di grup WhatsApp barang kali ada yang berminat. Akhirnya hanya saya, Dony dan Endra yang mendaftar. Tapi naas, Endra, salah satu blogger Klaten yang cukup antusias ingin ikut, tidak bisa terpilih. Mungkin dia belum bejo. :D

Karena kali ini lokasinya di Klaten, dan mumpung saya lagi selo, akhirnya mencoba untuk mengikuti.

Kapan lagi ke Tjokro Hotel Klaten kalau tidak sekarang. Seumur-umur saya ke Tjokro Hotel ya baru kali ini. Dulu sih pernah di gedungnya, tapi pas masih jaman dipakai toko buku Gramedia dan Bank BCA.

Langsung Sarapan

Tjokro Resto Klaten

Karena ada lain suatu hal, saya terlambat 15 menit. Acaranya sendiri dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Masuk langsung tanya satpam dan disuruh ke resto untuk sarapan. Ya sudah, setelah nyalami teman-teman blogger lain yang sudah datang, saya lanjut ambil sarapan di Tjokro Restaurant. :D

Tjokro Restaurant


Di Tjokro Restaurant ini kemarin menyajikan masakan ala-ala hotel, tetapi kemarin pas khas masakan Jawa. Menurut informasi yang saya dapatkan sih menunya gonta-ganti, tidak hanya masakan khas Jawa saja, luar juga ada.

Blogger Sarapan
Bloger Yugo (kanan) tercyduk sedang sarapan bersama istri.

Acara kemarin sangat santai sekali. Diawali dengan sarapan bersama hingga pukul 9-nan. Agendanya ya sekadar ramah tamah dan mengenal Tjokro Hotel Klaten lebih jauh lagi.

Tjokro Hotel bagian dari SAS Hospitality

Jadi salah satu tujuan dari dolan kemarin adalah mengetahui tentang seluk beluk dari hotel ini. Yang mana baru saya ketahui kalau Tjokro Hotel itu saudaranya banyak dan hotel ini dikelola oleh sebuah perusahaan operator hotel bernama SAS Hospitality.

SAS Hospitality sendiri baru berdiri pada awal tahun 2017 yang berkantor di Bandung. Saat ini sudah mengelola 7 hotel yang ada di beberapa kota di Indonesia, seperti Klaten, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Pekanbaru dan Balikpapan.

Operator hotel yang satu ini memiliki 4 brand hotel, seperti yang saya sebutkan di atas kalau Tjokro Hotel punya saudara, yaitu Grand Tjokro Premiere (Bandung), Grand Tjokro (Yogyakarta, Jakarta, Balikpapan), Tjokro Hotel itu sendiri (Klaten, Pekanbaru) dan Tjokro Style (Yogyakarta). Masing-masing punya ciri khas berbeda.

Blusukan ke Kamar Tjokro Hotel Klaten

Selepas sarapan, kami diajak untuk melihat setiap sudut hotel, khususnya kamar-kamar yang ada di Tjokro Hotel Klaten. Di sebelah Tjokro Restaurant kemarin ada kids corner. Yang merupakan space untuk bermain anak. Meski tidak terlalu besar, tetapi sudah cukup untuk digunakan area bermain anak buat orang tua yang menginap bersama anaknya.

Kids Corner
Kids Corner - Tjokro Hotel Klaten


Masih di lantai yang sama (lantai paling bawah), atau di dekat kids corner ini ada beberapa ruangan yang ternyata ruang meeting room yang bisa dipesan dan digunakan untuk keperluan meeting dll. Yang unik adalah nama-nama ruangannya menggunakan nama-nama candi yang ada di sekitar Klaten. Seperti ruangan Sewu, Kalasan, Mendut dan Prambanan.

Meeting Room Tjokro Hotel Klaten


Untuk meeting room Mendut, Kalasan dan Sewu memiliki ukuran yang sama yakni 4 x 10 x 3 dan bisa menampung 30 orang dengan desain theater. Sedangkan Prambanan Hall punya ukuran 20 x 10 x 3, cukup besar untuk menampung orang dengan jumlah 250 orang model standing party.

Setelah melihat beberapa ruang pertemuan, kami lanjut ke lantai dua untuk melihat salah satu kamar paling istimewa di Tjokro Hotel Klaten, yakni kamar tipe Suite.

Kamar Tipe Suite di Tjokro Hotel Klaten
Tipe Suite


Di kamar ini memiliki dua bagian, ruang tamu sekaligus makan dan ruang tidur. Cukup besar memang, karena luasnya 61 meter persegi. Tipe kamar ini hanya ada 2 kamar.

Kemudian lanjut ke kamar tipe Deluxe. Kamar ini tidak terlalu luas tapi juga tidak terlalu sempit. Luasnya sih 26 meter persegi. Dan tipe kamar ini termasuk yang terbanyak di Tjokro Hotel Klaten, yakni total ada 28 kamar. Itu pun 5 diantaranya merupakan kamar dengan King Bed, sisanya Twin.

Kamar terakhir yang kami sambangi adalah kamar tipe Superior. Bisa dikatakan kamar ini termasuk kamar yang paling kecil di hotel ini. Cocok untuk para traveller yang pengen singgah ke Klaten. Total ada 24 kamar dengan jumlah King Bed 20 kamar, sisanya Twin.

Kesimpulan untuk kamar-kamarnya adalah bersih dan fasilitas lumayan lengkap.

Setelah muter-muter ke beberapa kamar, kami langsung ke ballroom utama dari hotel ini, yakni Borobudur Ballroom. Kalau ini mah luas banget, bisa menampung 700 orang dengan gaya standing, dan 350 orang dengan gaya theater. Biasanya ballroom ini digunakan untuk acara resepsi pernikahan, wisuda, atau acara-acara besar lainnya.

Borobudur Ballroom - Tjokro Hotel Klaten
Borobudur Ballroom - Tjokro Hotel Klaten
Abis itu, acara dilanjut kuis-kuis di Tjokro Restaurant. Sayang sekali saya tidak berhasil meraih satu voucher sekalipun. :D Maklum, yang lainnya modal ingatan dan catatan, saya cuma modal rekaman. Masa iya harus ndengerin rekaman dulu. :D Setelah itu acara ditutup dengan sajian penutup es krim Banana Split.

Blogger Hotel
Anaknya Mbak Prima Hapsari ikut acara kemarin

Blogger Hotel
Mbak Cindy Vania lagi mencoba peruntungan kuis dari pihak Tjokro Hotel Klaten
 Dan dilanjut dengan foto bersama. :) Semoga kapan-kapan bisa ngadain acara di Tjokro Hotel Klaten bersama bloger-bloger Klaten.

Tjokro Hotel Klaten | Hotel Bintang 3
Jl. Pemuda No.42, Klaten, Jawa Tengah
Telp. +62.272.333388
www.grandtjokroklaten.com
Matur suwun,
ttd
Virmansyah,

1 comment:

  1. Saya orang klaten dan termasuk Blogger klaten sampai telat info begini ya ? Daerah jalan pemuda kan tempat saya bermain.

    ReplyDelete

Follow This Blog!