03 January 2017

Bermainlah Dengan Keresahan Untuk Menciptakan Ide Tulisan

VIRMANSYAH.net - Sebagai seorang bloger yang juga manusia biasa, saya sering kebingungan untuk menulis apa yang sebaiknya saya tulis di blog saya. Apalagi jumlah blog yang saya miliki tidak hanya satu. #sombong #pamer #nggaya

Dan saya rasa ini juga yang masih menjadi masalah bagi kawan-kawan bloger lainnya.

...miskin ide...

Ide Tulisan
image via pixabay
Ya, masalah ide adalah satu dari ribuan (#lebay) masalah yang menghinggapi seorang bloger. Bahkan saking familiar nya, masalah ide ini menjadi pertanyaan yang pasti ada di sebuah acara-acara seminar blog dan penulisan. Belum lama ini pun ketika saya mengisi pelatihan blog, juga ada pertanyaan itu.

Anehnya saya juga bingung mau jawab apa... wkwkwk. Soalnya saya sendiri juga masih bergumul dengan masalah itu, ide.

Tetapi meski saya juga punya masalah soal ide tulisan, saya enggan untuk menanyakan ke orang lain apa tips-tips nya supaya bisa dapat ide tulisan blog. Karena saya yakin masalah itu sebenarnya timbul dari diri kita masing-masing dan penyelesaiannya pun juga dari kita sendiri, bukan orang lain.

Menemukan Titik Terang...

Dari masalah itu, saya mencoba untuk merenungi. Dan saya tersadar, sebenarnya kuncinya sederhana sekali, yakni Keresahan.

Titik Terang
image via pixabay
Keresahan adalah salah satu kunci untuk mendapatkan ide tulisan. Dan saya baru sadar kalau menulis dengan mendengar keresahan kita sendiri itu justru akan lebih mudah. Dan tulisan ini pun salah satu contohnya. Saya merasa resah mengapa banyak bloger yang masih saja miskin ide, apakah mereka tidak punya keresahan? Akhirnya saya buatlah tulisan ini.

Saya pun mencoba untuk bermain-main lagi dengan keresahan saya. Tulisan saya sebelumnya yang soal Pantaskah Personal Blogger Menerima Content Placement? itu juga bersumber dari keresahan. Saya resah dengan fenomena content placement yang marak menghinggapi para bloger. Akhirnya saya putuskan untuk menuangkannya ke dalam tulisan.

Nah, akan tetapi keresahan yang timbul dalam diri itu tidak bisa serta merta dituangkan begitu saja. Kita sebagai bloger terdidik, harus mengolahnya terlebih dahulu. Sehingga jika keresahan itu juga mewakili keresahan kebanyakan orang, maka akan mendapatkan kemudahan setelah membaca tulisan.

Jadi pastikan ketika sudah menemukan keresahan, ambil poin utama dari keresahan itu. Lalu carilah solusi dari keresahan itu. Solusi bisa diambil dari berbagai sumber, bisa pemikiran pribadi, data-data valid yang memang sudah ada di lapangan, atau bisa juga komentar orang tapi yang positif.

Bagi personal bloger, menulis yang bersumber dari keresahan ini justru sangat positif. Karena akan menambah personal touch dari blog personalnya. Tapi untuk blog-blog dengan tema lain pun juga bisa saja.

Misalnya belum lama ini saya punya keresahan tentang gaya hidup orang yang mulai pengen memiliki kamera DSLR/Mirrorless. Dari keresahan itu, akhirnya saya mendapatkan solusi dan menuliskannya di blog tekno saya dengan judul "Ini Yang Perlu Kamu Miliki Setelah Membeli Kamera DSLR/Mirrorless".

Iya, saya tidak resah tentang apa yang harus dimiliki setelah memiliki kamera DSLR, tetapi justru dari keresahan melihat fenomena yang sudah disebutkan tadi jadi muncul solusi seperti itu.

Terlihat sepele, tapi sebenarnya perlu dilatih juga. Karena keresahan ini soal rasa...

Demikian sedikit sharing dari saya, ini bukan sharing dari master untuk newbie, karena saya pribadi bukanlah master yang sudah bisa berdikari. Saya hanya bloger biasa yang tak luput dari berbagai prasangka dan masih mencoba untuk belajar dari kehidupan yang penuh ketidakpastian.

Jika ada masukan lain, silahkan berikan melalui kolom komentar, apabila dirasa ada manfaatnya bisa dibagikan ke sanak saudara, dan jika ingin mengikuti saya bisa follow blog ini, scroll terus aja ke bawah terus follow.

Matur suwun,
S Adi Firmansyah Matur suwun,
ttd
Virmansyah,

7 comments:

  1. Wah ini yang sering aku alami. Suka gak punga ide menulis. Pas punya ide pun masih sukar buat menuliskannya di blog. Hehe.

    ReplyDelete
  2. Berarti kita harus belajar lebih peka terhadap keresahan orang lain ya mas..
    Saya juga sering sekali merasa nggak punya ide buat menulis, tapi dengan kata kunci 'keresehan' yang diberikan mas Firmansyah, saya tiba-tiba langsung merasakan keresahan tersendiri. Makasih mas..

    ReplyDelete
  3. jadikan masalah orang lain sebagai sebuah ide peluang untuk kita dapat menulis hihi. intinya mah peka terhadap masalah ya masa peka peka peka haha

    ReplyDelete
  4. Wah mencerahkan sekali. Saya kadang suka kena writer's block juga. Tapi karna peka sama keresahan sendiri saya akhirnya bisa punya banyak ide buat nulis.
    Tapi kadang saya jarang menemukan waktu yang tepat buat menuliskannya langsung.

    ReplyDelete
  5. resah bin galau ya mas adi.
    makin mantep kie blog2 mu.

    ReplyDelete
  6. Nah kalau saya resah begitu malah buat blog baru, yang lama ndak terurus, resah.. ganti lagi, sukanya editedit template tapi isi? nggak tau arahnya hehe.. ini solusinya apa mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap sekali kakak ini :D Solusinya cobalah untuk setia. wkwkwk

      Delete

Follow This Blog!