26 January 2016

Membuat Blog Tidak Mudah, Perlu Persiapan

Persiapan Membuat Blog
image via bloggingwizard.com
Apakah saat ini teman-teman tertarik ingin membuat blog? Saran saya yang utama adalah jangan tergesa-gesa untuk membuat blog. Tapi, jika teman-teman ingin membuat blog hanya sekedar untuk mengisi waktu, sekedar main-main, ya terserah mau buat kapan saja.

Yang saya maksud disini adalah jika teman-teman ingin membuat blog dengan tujuan khusus secara profesional.

Secara profesional itu tidak hanya melulu soal hasil berupa uang, bisa saja untuk membangun komunitas tertentu, atau ingin memiliki media blog yang benar-benar bernilai di mata pembaca.

Untuk itu, ketika membuat blog pun harus dipersiapkan dengan benar. Tidak bisa dilakukan secara serampangan jika ingin hasil yang maksimal.

Di sini saya tidak akan memberikan tips persiapan yang benar-benar bisa teman-teman lakukan, namun tips ini bisa dijadikan referensi ketika akan membangun sebuah blog.

Ada beberapa yang perlu dipersiapkan.

#1 Niat

Niat adalah yang utama. Tanpa niat, semua keinginan dan tujuan tidak akan tercapai. Kalau bisa, usahakan niat bukan didasari karena hasil materi saja, tetapi dampak yang akan diperoleh oleh orang lain. Dengan mengedepankan niat karena orang lain, secara tidak langsung akan memotivasi teman-teman. Jadi, luruskan niat!


#2 Tentukan Tujuan

Apa sih tujuan teman-teman membuat blog? Apakah ingin mendapatkan penghasilan dari blog? Apakah ingin memberikan informasi kepada orang lain tentang suatu topik, atau lainnya. Yang penting, tujuan tersebut bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.


#3 Siapa Yang Kelola?

Ini berkaitan dengan sumber daya manusianya. Apakah teman-teman ingin membuat blog yang akan dikelola sendiri atau akan mengajak rekan?

Ini sangat penting karena dengan menentukan SDM dari awal, akan mempermudah dalam mengelola blog nanti. Dan juga akan berpengaruh pada keputusan topik dan konten yang akan diusung.

Jika akan dikelola sendiri, maka akan lebih mudah mengambil keputusan tentang topik blog. Tapi jika dikelola bareng-bareng (tim), tentunya harus ada diskusi lebih dalam tidak hanya seputar topik blog saja, tetapi juga pembagian kerja (Job Desk).

#4 Tentukan Topik dan Sumber Konten

Planning kecil perlu dibuat setelah menentukan topik apa yang akan diusung. Lalu, menentukan sumber konten blog tersebut. Sumber konten ini bisa disesuai dengan topiknya. Misalnya teman-teman ingin membuat blog otomotif (karena cinta otomotif), maka temen-temen bisa masuk dalam komunitas otomotif, berbaur dengan penghobi otomotif, dll. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan ide konten blog.

Selain itu, apakah nanti konten akan dibuat sendiri, membeli artikel atau menyewa content writer. Karena ini nanti juga berkaitan dengan waktu dan budget.

Ini perlu direncakan dari awal, meskipun nanti bisa dilakukan sambil jalan.

Persiapan Membuat Blog
image via thesleuthjournal.com

#5 Pilih Platform dan Teknologi

Nah, untuk masalah teknis yaitu platform, teman-teman bisa memilih platform yang diinginkan. Tapi, juga harus disesuai dengan konsep blog. Menggunakan platform WordPress Self Host (CMS) adalah solusi termudah. Karena WordPress menawarkan kemudahan dalam pengoperasian dan dukungan plugin yang komplit.

Lalu yang tak kalah penting adalah soal domain dan web hosting.

Dalam memilih domain, jangan asal pilih. Domain adalah brand. Domain adalah nama yang akan dikenal orang tentang blog teman-teman. Untuk itu, carilah domain yang mudah diingat, unik, mudah dieja dan menggambarkan isi blog.

Dari sisi web hosting juga perlu perhatian lebih. Mengingat ini yang akan menjadi mesin dari blog Anda. Jangan asal memilih web hosting. Jika ingin menggunakan shared hosting, carilah yang menawarkan Cloud Hosting. Jika nanti visitor sudah terlalu banyak, bisa upgrade ke VPS.


#6 Berkomitmen

Apabila hal-hal teknis sudah disiapkan, yang terakhir adalah mempersiapkan diri teman-teman. Jika sudah tahap ini maka harus berjanji pada diri sendiri untuk berkomitmen dalam mengelola blog dikemudian hari.

Karena mengelola blog yang "profesional" tidak semudah yang dibayangkan. Akan ada kendala teknis yang dihadapi. Selain distribusi konten, juga dari sisi optimalisasi blog itu sendiri. Nggak mungkin hanya sekedar nulis terus tanpa melakukan optimasi.

Nah, hal-hal seperti ini perlu disadari sejak awal sebelum membuat blog. Tujuannya agar nanti tidak ada kata "menyerah" atau "malas" karena blog tidak kunjung mendatangkan hasil yang diinginkan.

***

Nah, bagi temen-temen yang belum pernah membuat blog, dan berniat membuat blog, silahkan komentar masalah atau kendalanya saat ini. Agar kita bisa saling berdiskusi untuk mewujudkan niat teman-teman. Matur suwun,
ttd
Virmansyah,

9 comments:

  1. mantab mas , lengkap tenan ...
    cocok untuk pemula ki ..

    ReplyDelete
  2. wah...kayaknya yang nomor 6 ini agak susah mas...betul nggak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...tapi susah juga cara memotivasi diri ini :D

      Delete
  3. Jika ingin menggunakan shared hosting, carilah yang menawarkan Cloud Hosting. Jika nanti visitor sudah terlalu banyak, bisa upgrade ke VPS. --- sudah pernah dibahas belum di blog ini? Makelum nubi, jadi masih asing bahasanya ;D

    ReplyDelete

Follow This Blog!