21 January 2016

Membuat Artikel Bercabang

Salah satu kendala bagi blogger adalah bingung mau nulis apa, ya kan? Itu wajar, tapi yang nggak wajar kalau kita cuma diam nggak mau nyari solusinya.

Jika mau berusaha, sebenarnya banyak sekali ide tulisan yang bisa kita dapatkan dari sekitar kita. Sayangnya, kita kadang nggak sadar dan kurang peka. Nah, disinilah blogger ditantang untuk lebih peka terhadap keadaan sekitar dan apapun yang sedang dilihat, didengar, bahkan diterawang. :))

Kepekaan untuk mengasah indra-indra yang ada di dalam diri kita, akan memunculkan ide-ide tulisan yang beragam.

Jadi nggak bakal ada yang namanya buntu ide lah, bingung mau nulis apalah atau apalah...

Kalau sudah peka, diri kita ketika mendapatkan respon dari luar akan menangkapnya menjadi ide-ide tulisan. Dan...satu ide tulisan bisa dijadikan berbagai macam tulisan artikel. Di sini aku menyebutkan "Artikel Bercabang".

Artikel Bercabang

Misalnya gini, aku lagi nonton tv, ternyata ada berita soal gaya fashion pria kekinian yang pakai sepatu sneakers. Di situ aku mendapatkan ide soal "Sneakers".

Dari satu topik itu, yakni sepatu sneakers, aku bisa membuat artikel bercabang dari obyek utama, "Sepatu Sneakers".

Untuk bisa membuat artikel bercabang, selain ide utama tadi yang harus dimiliki juga kreativitas. Kreativitas untuk membuat cabang-cabang baru dari satu ide ini.

Ide utama itu aku ibaratnya suara dari alam petunjuk dari Tuhan, selebihnya baru aku yang mengembangkannya. Masak mau minta terus, manja ah...

Dari ide utama "Sneakers" ini aku bisa mendapatkan beberapa pilihan judul/topik lagi yang merupakan cabangnya, seperti :

  • Kenapa Kok Dinamakan Sepatu Sneakers?
  • Perkembangan Sepatu Sneakers di Indonesia
  • Brand Lokal Sepatu Sneakers
  • Tips Merawat Sepatu Sneakers
  • Bedanya Sepatu Sneakers dengan Sepatu ....
  • Tips Membeli Sepatu Sneakers
  • dan lain-lain

Lihat...dari satu ide saja bisa menghasilkan berbagai macam judul/topik yang bisa dibuat artikel.

Nah, jika semua semua artikel tersebut sudah dibuat, tentu bisa kita manfaatkan salah satu cara SEO yakni internal link. Artikel-artikel di atas sangat berkaitan, dan kita bisa memberikan link dari satu artikel ke artikel lain. Sehingga, artikel yang kita buat paling tidak sudah teroptimasi.

Membuat artikel bercabang itu mudah sekali, yang penting adalah mendapatkan ide utama. Ide itu didapatkan dari kepekaaan kita, selanjutnya diteruskan dengan kreativitas kita masing-masing.

Jika sudah terbiasanya, maka akan semakin mudah dalam mendapatkan topik-topik artikel yang akan kita gunakan untuk mengisi blog.

Sekali lagi, ini hanyalah opini dari aku pribadi, tidak bermaksud menggurui. Jika benar silahkan diambil manfaatnya, jika salah mohon dikoreksi kesalahannya. Selamat Ngeblog! Matur suwun,
ttd
Virmansyah,

9 comments:

  1. ancen josss tenan pokok e..
    ajari gawe blog sek bercabang earning e dong.. :V :v

    ReplyDelete
  2. Setuju. Dan ini keren sekaleeee

    ReplyDelete
  3. Nah, intinya tidak ada alasan blogger kehabisan konten untuk ditulis kan? Nice share... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, betul. alasan kehabisan konten hanyalah bentuk dari kemalasan saja :)

      Delete
  4. Bagaimana jika salah satu cabang artikel tersebut 'patah'? Apakah akan mempengaruhi artikel lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting blogger-nya jangan ikut-ikutan patah "semangat", terus cari ide artikel lain sesuai kreativitas yang dimiliki :) semangat om

      Delete
  5. Sebenarnya apapun bisa jadi ide menulis, tp kadang mood nulis itu loh kadang pasang surut *curcol

    ReplyDelete
  6. Wah iya bener juga euy..
    Kadang saya juga bisa banyak dapat cabang artikel gitu. Tapi kadang suka kelupaan nyatatnya. Penyakit buruk saya nih. Padahal sering kali banyak ide yang nongol tapi selalu lupa buat nyatat.

    ReplyDelete

Follow This Blog!