07 November 2015

Bela Negara Ala Blogger

Program Bela Negara yang digagas oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, telah dibuka pada Kamis (22/10) lalu.

Sebelumnya program ini pun menuai pro kontra dari kalangan masyarakat. Ada sebagian masyarakat yang setuju dengan program ini, namun banyak juga yang tidak setuju dengan program ini dikarenakan tidak jelasnya program yang akan diberikan dan tujuan.

Tapi setelah melalui proses sosialisasi, akhirnya program ini terlaksana juga.

Inti dari program Bela Negara ini bukanlah seperti Bela Negara "Wajib Militer" di Korea, tetapi Bela Negara di Indonesia ini adalah untuk membangun 'karakter' bangsa yang mencintai tanah airnya.

Sehingga, dengan adanya program Bela Negara ini, diharapkan akan muncul kesadaran masyarakat akan nilai-nilai cinta tanah air, rela berkorban, serta yakin akan ideologi Pancasila.

Baiklah, itu sekilas tentang Bela Negara yang melibatkan 4.500 kader dari 45 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Aku sendiri setuju-setuju saja dengan program ini, karena program ini positif. Tapi, harapan saya semoga setelah program ini selesai memang benar-benar memberikan dampak yang positif bagi seluruh bangsa Indonesia.

Dan yang lebih penting adalah mulai sekarang masyarakat mulai sadar untuk mencintai negara beserta isinya. Karena untuk bisa mencintai tak perlu menunggu kaderisasi. Cinta timbul dari hati dan itu muncul dari kesadaran diri sendiri.

Bela negara Blogger
Foto Kopdar Blogger Nusantara 2011 - Sidoarjo // by aditya-web.com
Ini pun juga harus bisa tersemat di seluruh hati nurani blogger indonesia.

Jika salesman adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan, maka blogger indonesia adalah ujung tombak informasi bagi bangsa Indonesia.

Blogger pun harus memiliki jiwa Bela Negara yang sangat tinggi, karena jika Blogger tak merasa mencintai negaranya, maka banyak pembaca (masyarakat) akan tersesat dalam artikel blognya.

Aku cuma blogger biasa yang sehari-hari cuma curhat masalah pribadi di blog, apa bisa aku 'Bela Negara' melalui blog?

Bisa.....

Bela negara itu tidak harus ikut kaderasasi, bela negara itu tidak harus menunggu diajak orang lain, bela negara itu harus menunggu waktu untuk perang, bela negara itu seperti ketika kamu sudah ijab qobul dengan suami/istri kamu. Setelah ijab qobul berarti kamu sudah harus membela pasangan kamu sampai akhir hayat.

Sama seperti membela negara, setelah kita terlahir di dunia ini dan menempati negara ini, maka kita harus membela negara ini sampai kita mati dan di kubur di tanah air ini.

Menjadi Blogger... banyak cara yang bisa dilakukan untuk membela negara ini....

#1 Menuliskan Potensi Daerah Yang Ada Disekitar

Blogger tidak harus beralih menjadi tentara. Cukuplah jadi diri sendiri saja, dan tetap menulis tentang potensi yang ada di daerah sekitar kita. Syukur-syukur daerah itu belum terekspose oleh media-media lain. Sehingga dengan adanya blogger, daerah itu bisa diketahui banyak orang dengan cepat.

Tapi sekarang ini kok banyak blogger yang justru ikut Bela Negara Korea. Di blognya banyak bahas soal Korea, ya Drama Korea, K-Food, K-Pop, dan lainnya :D Ya semoga saja itu hanya mengagumi, bukan sampai mencintai sehingga lupa pada budaya negara sendiri.

#2 Mengabarkan Masalah Yang Ada

Kadang di sebuah daerah memiliki masalah yang dari segi hukum itu melanggar (UU), dan banyak orang yang sebenarnya sudah tahu masalah itu tapi enggan melaporkannya ke pihak berwajib. Seakan itu menjadi rahasia umum yang dibiarkan begitu saja. Di sini, blogger bisa mem-Blow Up ke publik melalui blog. Bahasa kerennya jadi Jurnalis Warga.

#3 Memakai Web Hosting & Domain Lokal

Bela negara bisa meliputi apa saja, bukan soal menjaga kebudayaan, sumber daya alam, dan lainnya. Tapi bela negara bisa termasuk dalam urusan jual beli dan penggunaan sumber daya (bukan alam). Blogger sangat erat kaitannya dengan pengadaan web hosting (server) dan juga domain.

Blogger bisa ikut turut andil dalam bela negara dengan memakai layanan web hosting lokal dan akan lebih baik jika menggunakan domain lokal (ID). Jika pun ingin memakai domain TLD, membelinya di penyedia domain lokal.

#4 Mengggunakan Tata Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Salah satu bunyi ikrar Sumpah Pemuda adalah "Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.". Bahasa dan Blogger adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Menjadi Blogger Indonesia yang ingin Bela Negara, harus turut menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Salah satu caranya adalah menulis artikel Bahasa Indonesia dengan tata bahasa yang baik dan benar. Sebenarnya ini yang saat ini mulai tergerus, dimana anak-anak muda mulai kehilangan cara berbahasa Indonesia yang benar. Termasuk aku sendiri....yang sampai saat ini masih belajar bahasa Indonesia.

#5 Membangun Komunitas

Jika sendirian merasa tak mampu, keberadaan komunitas adalah solusi jitu. Komunitas blogger yang saat ini mulai menjamur, bisa digunakan sebagai sarana untuk bersama-sama membangun Indonesia melalui blog. Indonesia itu luas, dan keberadaan blogger dari Sabang sampai Merauke bisa disatukan dalam sebuah komunitas ini. Dan seharusnya komunitas blog tidak hanya membahas soal membangun sebuah blog saja tetapi bagaimana membangun Indonesia di era digital ini.

Bela negara bukan soal siapa dan bagaimana, tapi soal sudah atau belum. Karena bela negara bisa dilakukan oleh siapa saja dengan cara yang sesuai dengan kemampuan dirinya. Yang terpenting adalah satu tujuan yakni menjaga, merawat, mencintai negeri dengan setulus hati.


Tulisan ini hanyalah pengingat untuk diri ku sendiri...dan marilah membela negara ini dengan hal kecil yang bisa kita lakukan di kehidupan sehari-hari... Matur suwun,
ttd
Virmansyah,

6 comments:

  1. Semangat ngeblog dan berbagi tulisan ^^

    ReplyDelete
  2. Blogger = digital influencer = citizen journalism. Begitu kah?

    ReplyDelete
  3. No, 3... ada masukan untuk Hosting terpercaya Lokal???

    ReplyDelete
  4. Saya mah apa atuh cuma bisa ngeblog, untungnya blogger juga bisa sekalian bela negara ya, paling sering yang point #2 :)

    ReplyDelete

Follow This Blog!