05 November 2015

7 Kata Yang Bikin Bangga Jadi Blogger

Kawan blogger yang aku banggakan, pernah kawan-kawan semua merasa bangga menjadi blogger? Apakah rasa itu pernah muncul dari lubuk hati kawan blogger yang paling dalam?

Jika rasa itu belum muncul, cobalah kawan blogger merenung sejenak, renungkan untuk apa sih kawan blogger ngeblog? Tujuannya apa sih ngeblog? Apakah hanya pelampiasan untuk menjauh dari mantan atau hanya ingin mengikuti perkembangan jaman.

Kawan, tahukah, sesuatu yang kita banggakan itu akan berdampak positif bagi kehidupan kita apabila yang kita lakukan itu bisa memberikan manfaat.

Menjadi blogger pun demikian. Kita akan bangga jika aktivitas blogging ini memiliki tujuan dan menghasilkan manfaat baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Bangga Jadi Blogger
Image via http://scitechdaily.com/
Dan, rasa bangga jadi blogger itu munculnya tergantung dari masing-masing blogger.

Tapi, ada kata-kata yang memicu rasa bangga menjadi blogger. Mau tahu? Ini dia.

#1 Job Review

Kawan blogger akan merasa bangga kalau blognya mendapatkan tawaran job review atau Sponsored Post dari sebuah advertiser. Blogger jelas bangga dong, karena selain akan mendapatkan royalti berupa uang atau produk tertentu, juga mendapatkan kredibilitas.

Ternyata blognya yang selama ini dikelola mendapatkan perhatian dari advertiser dan akhirnya diberi kepercayaan untuk memperkenalkan sebuah produk tertentu.

Baca juga: Job Review sama Content Placement, Kembar Tapi Beda

Ini sebuah kebanggaan tersendiri karena tidak semua blogger bisa seperti ini.

#2 Pay Out

Ketika sudah mendapatkan Job Review pada akhirnya akan menerima hak yang memang harus diterima oleh seorang blogger. Dan moment Pay Out ini juga menjadi nilai tambah dari rasa bangga karena ternyata Job Review tersebut benar-benar membayar. :D

Selain pay out dari Job Review, pay out dari program periklanan lain seperti CPC (Cost Per Click), CPA (Cost Per Action)/Afiliasi, dll juga membuat bangga. Karena apa yang telah dikerjakannya selama ini membuah hasil dan tidak sia-sia. :)

#3 Komunitas

Bangga menjadi blogger kadang tidak harus dinilai dari materi saja. Tetapi jika sudah mendengar dan bergabung dalam sebuah wadah komunitas blogger, ini akan menjadi kebanggaan tersendiri. Masuk dalam komunitas blogger membuat seorang blogger tidak merasa sendiri. Komunitas bisa menjadi keluarga baru dan tempat saling berbagi pengalaman terutama soal blogging.

Sehingga melalui komunitas ini blogger akan lebih bangga untuk bisa lebih berkarya bersama teman-teman yang memiliki hobi dan aktivitas yang sama.

#4 Kopdar (Gathering)

Biasanya komunitas blogger lebih intens bertemu dalam dunia maya. Tapi jika sudah ada yang namanya Kopdar (Kopi Darat) atau Gathering, blogger akan lebih bangga karena bisa bertemu langsung dengan kawan-kawan yang selama ini hanya bertemu di dunia maya.

Kopdar juga menjadi aktivitas yang sangat ditunggu-tunggu oleh blogger. Karena dengan kopdar, keberadaan blogger akan lebih 'diakui' dan memang terbukti ada. Bisa kopdar dengan sesama blogger menciptakan perasaan bangga yang tiada tara. Bersyukur bisa menjadi blogger dan bertemu kawan-kawan blogger yang berbeda pengalaman.

#5 Blog Walking

Blogger akan merasa bangga jika bisa blog walking ke blog lain. Dan akan tambah bangga jika ada blogger lain yang mengunjungi blognya. Ini menjadi media silahturahmi yang mengasyikan tentunya. Dan tentunya dengan seperti ini menandakan bahwa blog nya memang sudah diketahui banyak blogger.

#6 Visitor

Blogger akan sangat bangga kalau blog nya punya visitor. :D Apa daya kalau udah banyak nulis tapi nggak ada visitornya. Pasti sedih. hehehe.

#7 Posting

Salah satu masalah yang dihadapi blogger adalah soal posting. Ya, kadang untuk posting saja itu merasa sulit, tapi kalau sudah bisa posting rutin waduh bangganya minta ampun. Apalagi kalau setiap postingan mendapatkan feedback yang positif dari pengunjung. Hhm, itu sebuah kebanggan tersendiri.

Nah, lalu kalau rekan blogger kira-kira apa lagi nih yang bikin bangga jadi blogger? Share ya di kolong jembatan, eh maksudnya kolom komentar. Matur suwun,
ttd
Virmansyah,

24 comments:

  1. pancen josss mas firmansyah..

    ReplyDelete
  2. Aku Bangga Jadi Blogger !!!! Berani Ngeblog itu HEBAT !!!

    ReplyDelete
  3. Bangga Jadi Blogger,, bisa dapat gebetan.. Loohhh *abaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sekarang udah dapat gebetan belum mas :D hahahaa

      Delete
  4. Senengnya ngeblog itu jadi punya banyak temen, termasuk ketemu tetangga kampung :P

    ReplyDelete
  5. Dari ke 7 poin diatas, semua sudah pernah saya lakukan/rasakan, dan saya bangga!
    Tapi, yg paling berkesan adalah poin terakhir, posting. Ya, ada rasa bangga yg luar biasa saat saya bisa mempublish sebuah posting. :)
    Salam hangat dari Bondowoso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa posting sehari sekali aja udah bangga aku mas :D

      Delete
  6. Apa ya, kalo aku opsi komunitas aja deh ya.

    Ulasannya keren, bangga menjadi blogger, ketika orang lain sedang vacum di blog mereka, konsisten nulis juga suatu kebanggaan.

    Sama halnya, aku lagi belajar konsisten nulis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, konsisten buat ngeblog itu memang berat :D

      Delete
  7. Hmmm kalau aku yang paling membuat bangga adalah ketika apa yang ditulis bisa bermanfaat bagi orang lain. :)

    ReplyDelete
  8. mmm, dapet e-mail dari pembaca yg ngakunya bertahun-tahun cuma jadi silent reader?

    ReplyDelete
  9. Kalo saya sih tambah 1.... Kontes Blog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ya, tapi saya kalau ikut lomba kalah terus hahahah

      Delete
  10. Setuju semua nih bang.
    Dari awal smpai yg no.2 blum pernah nih gan. Kopdar juga blum...
    Tpk overall. Im proud of to be blogger

    ReplyDelete
  11. Yang bikin saya bangga, ketika ada yang bilang postingan saya bermanfaat bagi pembaca, ada yg bela2in ngirim email ke saya untuk tanya2, menjadi inspirasi bagi teman2 yg lainnya. Karena bagi saya sukses ngeblog itu tidak hanya soal uang (gak nolak juga sih kalau dikasih wkwkwk...), tapi dapat menginspirasi orang dengan apa yang kita sajikan saja atau bahkan menjadi trendsetter itu sudah bagian dari kesuksesan. Betul? XD

    ReplyDelete
  12. Disaaat lagi pusing karena skripsi, baca artikel ini jadi semangat bikin skripsi, biar bisa ikutaaaan gathering bareng komunitas blog lagii :).

    ReplyDelete

Follow This Blog!